TUGAS INDIVIDU FILSAFAT ILMU KEPERAWATAN

TUGAS INDIVIDU UNTUK MAHASISWA KEPERAWATAN SMT I STIKes BINA GENERASI 2010/2011

SOAL:

“Apa yang anda ketahui tentang Filsafat Ilmu Keperawatan, dan Bagaiman Pengaruh dan manfaatnya bagi Ilmu Keperawatan?”

Ketentuan:

  • Tulis Nama dan NIM sebelum menjawab/memberi komentar
  • Jawaban tidak boleh sama/copy-paste dari jawaban orang sebelunya
  • Jawaban ditunggu paling lambat hari Sabtu 27 November 2010 pukul 18.00 wita
  • Yang dahulu menjawab dengan baik akan mendapat skor tertinggi dan yang paling akhir mendapat skor ter rendah…

63 Tanggapan

  1. Filsafat ilmu yaitu

  2. – Filsafat ilmu keperawatan menurut saya adalah suatu proses atau cara seseorang berfikir untuk mencari sebuah kebenaran. dimana proses tersebut memiliki suatu tujuan yang benar. pada filsafat ilmu keperawatan disini seseorang diajak atau di tuntut untuk mencari dan mencari sampai mencapai sebuah hasil kebenaran dalam ilmu keperawatan.
    – Menurut saya ilmu keperawatan sangat berpengaruh karena dalam ilmu keperawatan kita tidak bisa mempelajari ilmu keperawatan tanpa adanya filsafat ilmu keperawatan, karena ilmu keperawatan tidak bisa berjalan atau tidak akan terlaksana tanpa adanya suatu kebenaran dari ilmu keperawatan sebelum menjalankan proses keperawatan.
    – Menurut saya, manfaat filsafat ilmu keperawatan bagi ilmu keperawatan adalah memudahkan proses keperawatan karena tanpa mempelajari filsafat ilmu keperawatan maka akan semakin sulit melaksanakan proses keperawatan, jadi filsafat ilmu keperawatan sangat penting bagi ilmu keperawatan.

  3. – Filsafat ilmu keperawatan menurut saya adalah suatu proses atau cara seseorang berfikir untuk mencari sebuah kebenaran. di mana proses tersebut memiliki suatu tujuan yang benar. pada filsafat ilmu keperawatan di sini seseorang di tuntut untuk mencari dan mencari sampai mencapai sebuah hasil kebenaran dalam ilmu keperawatan.
    – Menurut saya, filsafat ilmu keperawatan sangat berpengaruh bagi ilmu keperawatan, karena dalam ilmu keperawatankita tidak bisa mempelajari ilmu keperawatan tanpa adanya filsafat ilmu keperawatan karena keperawatan tidak bisa berjalan atau tidak akan terlaksana tanpa adanya sebuah kebenaran dari ilmu keperawatan sebelum menjalankan proses keperawatan .
    -menurut saya manfaatnya adalah mempermudah suatu proses keperawatan karena tanpa mempelajari filsafat ilmu keperawatan maka akan semakin sulit melaksanakan suatu proses keperawatan.

  4. yang saya ketahui tentang filsafat ilmu keperawatan yaitu filsafat adalah cinta, kebijaksanaan pengetahuan dan hikmah. jadi seseorang dapat dikatakan telah berfilsafat apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan dan terhadap hikmah. adapun pengaruh filsafat kepada keperawatan yaitu keperawatan tidak bisa lepas dari filsafat karena didalam keperawatan untuk menjadi seorang perawat harus mempunyai perilaku yang mengandung makna, rasa cinta terhadap kebijaksanaan dan dalam ucapannya yang baik. adapun manfaatnya bagi ilmu keperawatan yaitu dengan mengetahui dan melaksanakan perilaku yang mengandung makna, rasa cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan, terhadap hikmah dan ucapannya yang baik dan sopan seseorang dapat mengetahui bagaimana landasan dasar dari ilmu keperawatan tersebut.

  5. nim:31500510018

  6. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah suatu pandangan dasar tentang hakekat manusia dan esensi keperawatan yang menjadi kerangka dasar dalam praktek keperawatan
    manfaatnya , ilmu keperawatan ini sangat berpengaruh dan penting,karena menjadi dasar-dasar atau acuan pokok dalam melakukan praktek keperawatan

  7. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah pandangan dasar tentang hakekat manusia dan esensi keperawatan yang menjadi kerangka dasar dalam praktek keperawatan.
    manfaatnya dapat memudahkan dalam praktek keperawatan karena filsafat ilmu keperawatan ini sangat berperan penting untuk mewujudkan ilmu dalam keperawatan dan menjadi dasar-dasar atau acuan keperawatan.jadi tanpa adanya filsafat ilmu keperawatan ini kita tidak dapat menjalankan praktek keperawatan itu sendiri.

  8. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah pandangan dasar tentang hakekat manusia dan esensi keperawatan yang menjadi kerangka dasar dalam praktek keprawatan.
    manfaatnya,dapat mempermudah dalam keperawatan karena menjadi dasar-dasar atau acuan dalam menjalankan suatu praktek kepertawatan dan ini juga sangat berperan penting karena tanpa adanya ilmu keperawatan maka tidak akan terlaksana

  9. >menurut saya filsafat adalah sesuatu hal untuk mencari kebenaran,
    >mamfaatnya bagi ilmu kep.adalah untuk menemukan temuan” baru tentang keperawatan
    >pengaruhnya sangat penting karna tanpa adanya filsafat,metode keperawatan tidak ada kejelasannya…..

  10. NAMA : ABDUL GAFUR
    NIM : 31500510001

    Yang kuketahui tentang filsafat ilmu keperawatan adalah ilmu pengetahuan yang cinta akan kebenaran dalam artian mencari kebenaran diatas kebenaran pada suatu permasalahan yang melibatkan pemikiran logika secara kritis dalam ruang lingkup ilmu keperawatan.

    Manfaat filsafat dalam keperawatan adalah :
    1. Sebagai dasar dalam bertindak.
    2. Sebagai dasar dalam mengambil keputusan.
    3. Untuk mengurangi salah paham dan konflik.
    4. Untuk bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah.

    Pengaruh filsafat ilmu keperawatan terhadap keperawatan adalah Kita dapat memecahkan suatu permasalahan meliputi dampak teknologi,sosial budaya, ekonomi,pengobatan alternatif, kepercayaan spritual dan masih banyak yang lainnya mengenai seluk beluk lingkup profesi keperawatan yang semuanya digunakan dalam hal pencapaian profesionalisme seorang perawat.

    The end……..

    <<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    @@@@@@@@@@++++++@@@@@@@@@
    Become to profesional nurse………….

  11. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah ilmu yang mencakup tentang bagaimana dan untuk apa keperawatan itu,dimana kita sebagai orang yang bergelut di dalam-nya mengetahui tujuan pasti propesi itu.adapun manfaat yang di peroleh dalam filsafat ilmu keperawatan menurut saya sebagai acuan untuk lebih dan lebih meningkatkan prioritas kinerja sebagai perawat melalui metode yang disediakan dalam ilmu tersebut.adapun pengaruh filsafat ilmu keperawatan yang saya rasakan adalah saya dapat lebih mengetahui untuk apa propesi keperawatan itu.

  12. NAMA : ABDUL GAFUR
    NIM : 31500510001

    Yang saya ketahui tentang filsafat ilmu keperawatan adalah ilmu pengetahuan yang cinta akan kebenaran dalam artian mencari kebenaran diatas kebenaran melibatkan pemikiran logika secara kritis dalam ruang lingkup keperawatan.

    Manfaat filsafat dalam keperawartan adalah :
    1. Sebagai dasar dalam bertindak.
    2. Sebagai dasar dalam mengambil keputusan.
    3. Untuk mengurangi salah paham dan konflik.
    4. Untuk bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah.

    Pengaruh filsafat terhadap keperawatan adalah kita dapat memecahakan masalah atau konflik yang meliputi dampak teknologi,sosial budaya, pengobatan alternatif, kepercayaan spiritual terhadap keperawatan dan masih banyak lagi yang menjadi dasar dalam akar permasalahan dalam seluk beluk profesi keperawatan dimana penggunaannya semata-mata untuk pencapaian profesionalisme seorang perawat.

  13. NAMA : MAYANTI
    NIM : 31500510025

    Yang saya ketahui tentang filsafat adalah cinta dan kebenaran/pekerjaan dimana ada criteria dan sarana yang dapat memprole ilmu baik pengalaman yang diperole dari indra maupun pada fikiran atau akal.sehingga akan mencari pengalaman-pengalaman baru sebagai pendorong dalam mencari kebenaran dan kebenaran itu bersifat jelas dan tegas .

    Manfaat dan pengaruh filsafat terhadap keperawatan yaitu dimana kita tidak ada lagi kesala pahaman mencari kebenaran/ pekerjaan ,perawat dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat,dapat menamba pengetahuan melalui pengalaman,dapat juga berpengaru dalam perumusan masala dan dapat mengembangkan pengetahuan suda ada .

  14. Nurhayati
    31500510037
    Pengertian Filsafat
    Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia dan philoshophos. Menurut bentuk kata, philosophia diambil dari kata philos dan shopia atau philos dan sophos. Philos berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Dalam pengertian ini seseorang dapat disebut telah berfilsafat apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan dan terhadap hikmah.Pada awalnya, kata sofia lebih sering diartikan sebagai kemahiran dan kecakapan dalam suatu pekerjaan, seperti perdagangan dan pelayaran. Dalam perkembangan selanjutnya, makna dari kata kemahiran ini lebih dikhususkan lagi untuk kecakapan di bidang sya’ir dan musik. Sedangkan filsafah keperawatan merupakan pandangan dasar tentang hakekat manusia dan esensi keprawatan yang menjadikan kerangka dasar dalam praktek keperawatan.

    Manfaaat Filsafah keperawatan
    • Alat untuk menelusuri kebenaran segala hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah.
    • Memberikan pengertian tentang cara hidup dan pandangan hidup.
    • Panduan tentang ajaran moral dan etika.
    • Sumber ilham dan panduan untuk menjalani berbagai aspek kehidupan.
    • Sarana untuk mempertahankan, mendukung, menyerang atau juga tidak memihak terhadap pandangan filsafat lainnya.
    Selain itu, kegunaan filsafat lainnya adalah: a. Melatih diri untuk berfkir kritik dan runtut serta menyusun hasil pikiran tersebut secara sistematik b. Menambah pandangan dan cakrawala yang lebih luas agar tidak berfikir dan bersifat sempit dan tertutup c. Melatih diri melakukan penelitian, pengkajian dan memutuskan atau mengambil kesimpulan mengenai suatu hal secara mendalam dan komprehensif d. Menjadikan diri bersifat dinamis dan terbuka dalam menghadapi berbagai problem e. Menyadari akan kedudukan manusia baik sebagai pribadi maupun hubungan dengan orang lain alam sekitar dan tuhan yang maha esa

    Pengaruh filsafat
    Pengaruh filsafat yaitu dengan filsafat atau berfilsafat berarti mengajak orang untuk bersikap arif dan berwawasan luas terhadap berbagai problem yang dihadapi manusia sehingga mampu memecahkan problem tersebut dengan cara mengidentifikasinya memudahkannya dalam memperoleh jawaban-jawabannya tersebut. Selain itu berfilsafat dapat membentuk pengalaman kehidupan seseorang secara lebih kreatif atas dasar pandangan hidup, dan ide-ide yang muncul karena keinginannya. Filsafat jg dapat membentuk sikap kritis seseorang dalam menghadapi permasalahan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan ilmiah.

  15. Pengertian Filsafat
    Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia dan philoshophos. Menurut bentuk kata, philosophia diambil dari kata philos dan shopia atau philos dan sophos. Philos berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Dalam pengertian ini seseorang dapat disebut telah berfilsafat apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan dan terhadap hikmah.Pada awalnya, kata sofia lebih sering diartikan sebagai kemahiran dan kecakapan dalam suatu pekerjaan, seperti perdagangan dan pelayaran. Dalam perkembangan selanjutnya, makna dari kata kemahiran ini lebih dikhususkan lagi untuk kecakapan di bidang sya’ir dan musik. Sedangkan filsafah keperawatan merupakan pandangan dasar tentang hakekat manusia dan esensi keprawatan yang menjadikan kerangka dasar dalam praktek keperawatan.

    Manfaaat Filsafah keperawatan
    • Alat untuk menelusuri kebenaran segala hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah.
    • Memberikan pengertian tentang cara hidup dan pandangan hidup.
    • Panduan tentang ajaran moral dan etika.
    • Sumber ilham dan panduan untuk menjalani berbagai aspek kehidupan.
    • Sarana untuk mempertahankan, mendukung, menyerang atau juga tidak memihak terhadap pandangan filsafat lainnya.
    Selain itu, kegunaan filsafat lainnya adalah: a. Melatih diri untuk berfkir kritik dan runtut serta menyusun hasil pikiran tersebut secara sistematik b. Menambah pandangan dan cakrawala yang lebih luas agar tidak berfikir dan bersifat sempit dan tertutup c. Melatih diri melakukan penelitian, pengkajian dan memutuskan atau mengambil kesimpulan mengenai suatu hal secara mendalam dan komprehensif d. Menjadikan diri bersifat dinamis dan terbuka dalam menghadapi berbagai problem e. Menyadari akan kedudukan manusia baik sebagai pribadi maupun hubungan dengan orang lain alam sekitar dan tuhan yang maha esa

    Pengaruh filsafat
    Pengaruh filsafat yaitu dengan filsafat atau berfilsafat berarti mengajak orang untuk bersikap arif dan berwawasan luas terhadap berbagai problem yang dihadapi manusia sehingga mampu memecahkan problem tersebut dengan cara mengidentifikasinya memudahkannya dalam memperoleh jawaban-jawabannya tersebut. Selain itu berfilsafat dapat membentuk pengalaman kehidupan seseorang secara lebih kreatif atas dasar pandangan hidup, dan ide-ide yang muncul karena keinginannya. Filsafat jg dapat membentuk sikap kritis seseorang dalam menghadapi permasalahan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan ilmiah.

  16. Pengertian Filsafat
    Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia dan philoshophos. Menurut bentuk kata, philosophia diambil dari kata philos dan shopia atau philos dan sophos. Philos berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Dalam pengertian ini seseorang dapat disebut telah berfilsafat apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan dan terhadap hikmah.Pada awalnya, kata sofia lebih sering diartikan sebagai kemahiran dan kecakapan dalam suatu pekerjaan, seperti perdagangan dan pelayaran. Dalam perkembangan selanjutnya, makna dari kata kemahiran ini lebih dikhususkan lagi untuk kecakapan di bidang sya’ir dan musik. Sedangkan filsafah keperawatan merupakan pandangan dasar tentang hakekat manusia dan esensi keprawatan yang menjadikan kerangka dasar dalam praktek keperawatan.

    Manfaaat Filsafah keperawatan
    • Alat untuk menelusuri kebenaran segala hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah.
    • Memberikan pengertian tentang cara hidup dan pandangan hidup.
    • Panduan tentang ajaran moral dan etika.
    • Sumber ilham dan panduan untuk menjalani berbagai aspek kehidupan.
    • Sarana untuk mempertahankan, mendukung, menyerang atau juga tidak memihak terhadap pandangan filsafat lainnya.
    Selain itu, kegunaan filsafat lainnya adalah: a. Melatih diri untuk berfkir kritik dan runtut serta menyusun hasil pikiran tersebut secara sistematik b. Menambah pandangan dan cakrawala yang lebih luas agar tidak berfikir dan bersifat sempit dan tertutup c. Melatih diri melakukan penelitian, pengkajian dan memutuskan atau mengambil kesimpulan mengenai suatu hal secara mendalam dan komprehensif d. Menjadikan diri bersifat dinamis dan terbuka dalam menghadapi berbagai problem e. Menyadari akan kedudukan manusia baik sebagai pribadi maupun hubungan dengan orang lain alam sekitar dan tuhan yang maha esa

    Pengaruh filsafat
    Pengaruh filsafat yaitu dengan filsafat atau berfilsafat berarti mengajak orang untuk bersikap arif dan berwawasan luas terhadap berbagai problem yang dihadapi manusia sehingga mampu memecahkan problem tersebut dengan cara mengidentifikasinya memudahkannya dalam memperoleh jawaban-jawabannya tersebut. Selain itu berfilsafat dapat membentuk pengalaman kehidupan seseorang secara lebih kreatif atas dasar pandangan hidup, dan ide-ide yang muncul karena keinginannya. Filsafat jg dapat membentuk sikap kritis seseorang dalam menghadapi permasalahan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan ilmiah.

  17. Menurut saya Falsafah ilmu keperawatan adalah suatU cara dalam keperawatan untuk mencari kebenaran tentang hal-hal yang di anggap belum pasti apakah tindakan yang kita lakukan dan pendapat yang kita keluarkan itu adalah benar atau salah… Dan dampaknya yaitu dapat berdampak positif karna jika kita melakukan tindakan seperti misalnya injeksi terhadap klien kita harus tau terlebih daHUlu prosedur-prosedur apa saja yg dilakukan..jadi setelah kita mengetahuinya maka kita akan melakukan tndakan itu secara benar

  18. Menurut saya Filsafat ilmu keperawatan adalah suatU cara dalam keperawatan untuk mencari kebenaran tentang hal-hal yang di anggap belum pasti apakah tindakan yang kita lakukan dan pendapat yang kita keluarkan itu adalah benar atau salah… Dan dampaknya yaitu dapat berdampak positif karna jika kita melakukan tindakan seperti misalnya injeksi terhadap klien kita harus tau terlebih daHUlu prosedur-prosedur apa saja yg dilakukan..jadi setelah kita mengetahuinya maka kita akan melakukan tndakan itu secara benar

  19. Menurut saya Filsafat keperawatan adalah ilmu mencari realitas dan rasa keingintahuan tentang sesuatu yang lebih berdasarkan pada alasan yang logis dan sampai menyelesaikan satu masalah pengaruhnya tampa mempelajari filsafat keperawan,ilmu keperawatan tidak akan berjalan secara baik di banding dengan tidak mempelajarinya.
    mamfaatnya sebagai dasar menentukan tindakan menguragi kesalahan dan komplik yang biasa terjadi,dalam dunia keperawatan

  20. Menurut saya filsapat adalah suatu proses berpikir yang dapat menemukan ide baru untuk jawaban dari suatu permasalahan yang megara pada kebenaran::>manfaat bagi ilmu keperawatan adalah mampu berpikir keara yang benar bagi keperawatan dalam memberikan tindakan atau pelayanan keperawatan terhadap klien

  21. filsafat ilmu keperawatan adalah metode yang mempelajari pengetahuan dan hikmah, dan pengaruh ilmu filsafat keperawatan menurut saya adalah ilmu ini dapat menimbulkan kebijaksanaan,adapun manfaat yang dapat saya ambil dari ilmu tersebut adalah ilmu ini dapat mengantar manusia untuk mengetahui kebenaran murni sebagai propesi yang di geluti dan kebijakan dalam propesi sebagai perawat.

  22. nama : husni
    nim :31500510017
    filsafat ilmu keperawatan adalah suatu proses untuk berpikir mencari sebua kebenaran karna di dalam ilmu keperawatan mempunyai tujuan yang benar
    menurut saya pengaruh filsafat terhadap ilmu keperawatan sangat berpengaruh karna apabila filsafat tidak ada maka keperawatan tidak bisa berjalan atau berlangsung karna keperawatan kebenaran sangat penting dalam sebuah keperawatan.
    manfaat filsafat terhadap ilmu keperawatan adalah karena apabila kita selalu berpikir yang benar maka dalam memberikan keperawatan akan baik pula.

  23. fisafat ilmu keperawatan menurut saya adalah orang yang berfikir mencari sebuah kebenaran dalam keperawatan karena dalam ilmu keperawatan mempunyai tujuan yang benar dan menimbulkan kebijaksanaan,adapun pengaruh filsafat ilmu keperawatan menurut saya adalah apabila filsafat tidak ada maka keperawatan tidak bisa berlangsung karna kebenaran murni sangat penting dalam keperawatan sebagai propesi,dan manfaat ilmu ini adalah apabila kita selalu berfikir yang benar maka dalam memberikan keperawatan akan baik dan memberikan ajaran etika yang baik.

  24. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah suatu cara untuk menciptakan atau mencari kebenaran,menjadi himbauwan kebijaksanaandan dapat mengantarkan manusia untuk mengetahui kebenaran murni.seseorang dikatakan berfisafat apabila seluruh ucapan dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai seorang yang cinta terhadap kebijaksanaan,pengetahuan dan hikma.
    adapun manfaatnya bagi ilmu keperawatan itu sangat penting dan sangat berpengaruh sebab menjadi dasar pokok dalam memecahkan masalah

  25. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah cara didikan yang mempelajari kebenaran dan etika dalam menjalani propesi sebagai perawat,pengaruh ilmu ini adalah saya pribadi dapat mengetahui dengan pasti tujuan propesi perawat dengan metode etika yang sudah ada, ada adupun manfaat ilmu ini menurut saya dapat memperoleh pengetahuan yang tanggap merespon kebutuhan klien mencapai kesejahteraan dengan metode-metode yang saya pelajari.

  26. -menurut saya filsafat adalah proses mencari tahu kebenaran dengan menggunakan kebijaksanaan dan rasa cinta yang tinggi sehingga seseorang dapat menemukan kebenaran yang real dan bukan kebenaran yang hanya dia dapat dengan sebelah mata
    -pengaruh filsafat dalam bidang keperawatan :filsafat tidak dapat di pisahkan dengan keperawatan karna dengan filsafat seorang perawat dapat memilki rasa cinta dan kebijaksanaan yang akan mempunyai banyak pengaruh bagi seorang perawat sehingga perawat tersebut dapat memiliki pengaruh positif terhadap pasien
    -manfaat filsafat:dengan filsafat seorang perawat dapat menggunakan kebijaksanaan yang ia peroleh dari filsafat sehingga perawat tersebut dapat lebih berfikir positif(positif thinking)dan dengan positif thinking tersebut seorang perawat dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga pasien yang tadinya susah berkomunikasi dapat menjadi lebih dapat berkomunikasi dengan baik dan akhirnya dapat mempercepat proses penyembuhan pasien tersebut dan dengan filsafat seorg perawat dapt meny3lesaikan problem2 yang ada dengan baik dan bijak

  27. menurut saya fisafat ilmu keperawatan adalah ilmu yang mempelajari etika dan kecintaan terhadap propesi untuk kesejahteraan klien.manfaat yang saya peroleh adalah saya dapat mengetahui lebih jelas untuk apa perawat di ciptakan dan tekun demi kesejahteraan klien, adapun pengaruh ilmu ini adalah saya dapat lebih konsisten dalam menjalani propesi ini dan dapat lebih meningkatkan kinerja sebagai perawat profesional yang berdasarkan etikan perawat yang saya pelejari dari ilmu ini.

  28. menurut saya filsafat ilmu keperawatan yaitu ilmu yang mempengaruhi suatu pikiran daya tangkap manusia. di mana kita dapat berfikir secara logis dan akhirnya dapat memecahkan suatu masalah. tanpa mempelajari empirisme kita tidak bisa memperoleh pengatahuan.
    adapun manfaatnya dengan mempelajari filsafat keperawatan kita dapat melaksanakan dan menjalankan tugas seorang perawat dengan memperoleh pengatahuan.
    pengaruh filsafat yaitu suatu proses yang mencakup suatu masalah seperti melakukan suatu pekerjaan dan cara teknis untuk mencapai pengatahuan yang sudah ada.

  29. ~ Menurut saya, Filsafat Ilmu Keperawatan adalah suatu landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep dan teori dalam membekali kemampuan berpikir untuk menyelesaikan masalah kesehatan secara ilmiah, tepat, dan benar.

    ~ Filsafat sangat berpengaruh dan bermanfaat terhadap ilmu keperawatan, karena dengan berfilsafat seseorang mampu berpikir untuk memecahkan suatu masalah dan hal sangat itu dibutuhkan bagi dunia keperawatan khususnya dalam menyelesaikan masalah kesehatan, misalnya penanganan wabah suatu penyakit.

  30. Menurut saya filsafat dalam ilmu keperawtan adalah suatu proses berfikir ,,, di mana dalam proses berfikir tersebut seorang perawat di tuntut untuk memeiliki ilmu pengetahuan yang nantinya akan di gunakan dalam melakukan tindakan keperawatan

    Manfaat filsafata bagi ilmu keperawatantan yaitu mampu berfikir ke arah yang positif dalam melakukan tindakan keperawatan,, yang dampaknya kepada pasien…….
    sekian,,, tks.

  31. menurut saya filsafat ilmu keperawatan yaitu suatu bentuk pola fikir dalam perkembangan ilmu keperawatan, bagaimana proses dan prosedur ilmu keperawatan itu dengan cara berfikir,merasa dan mendengar secara benar.
    manfaat filsafat ilmu keperawatan yaitu dengan adanya perkembangan ilmu keperawatan akan sangat berdampak fositif bagi pelayanan kesehatan yang lebih baik.
    pengaruhnya, lebih bisa befikir dengan benar dan tepat dalam ilimu keperawatan.

  32. menurut saya filsafat ilmu keperawatan yaitu suatu bentuk pola fikir dalam perkembangan ilmu keperawatan, dengan cara berfikir, merasa dan mendengar secara benar.
    manfaatnya filsafat ilmu keperawatan yaitu dengan adanya perkembangan ilmu keperawatan akan berdamapak positif bagi pelayanan kesehatan yang lebih baik
    pengaruhnya, lebih bisa berfikir dengan benar dan tepat dalam ilmu keperawatan.

  33. -menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah ilmu yang mempelajari tentang proses atau cara berpikir manusia untuk mencari suatu kebenaran yang membahas tentang keilmuan untuk diterapkan dalam ilmu keperawatan.
    -dalam berfilsafat terdapat 2 cara mencari suatu kebenaran
    1.melalui pengetahuan adalah proses dari kegiatan berfikir manusia, tetapi pengetahuan akan terus berubah seiring dengan perkembangan manusia.
    2.melalui ilmu adalah kumpulan pengetahuan yg tersusun secara konsisten dan teruji serta jelas kebenarannya secara empiris atau secara nyata.
    – ada 2 pola memperoleh pengetahuan
    1.dengan cara berfikir secara rasional
    2. melalui pengalaman [ empirisme ]
    -pengaruh filsafat dalam keperawatan :
    sangat berhubungan serta tidak dapat dipisahkan,karna degan berfilsafat perawat akan selalu berpikir secara positif dalam mengambil suatu keputusan.
    -manfaat filsafat dalam ilmu keperawatan adalah dengan berfilsafat dapat dijadikan sebagai dasar agar perawat dalam melakukan penalaran atau proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan berupa pengetahuan yg tepat,serta perawat dapat berpikir secara logis dan kritis khususnya dalam ilmu keperawatan yg mencakup sekumpulan pengetahuan tentang bio-psiko-sosial-spritual yg diperoleh dari metode keilmuan tertentu untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya derajat kesehatan pasien.

  34. -menurut saya,Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.
    Ciri-ciri berfikir filosfi :
    1. Berfikir dengan menggunakan disiplin berpikir yang tinggi.
    2. Berfikir secara sistematis.
    3. Menyusun suatu skema konsepsi, dan
    4. Menyeluruh.
    -manfaat filsafat dalam keperawatan adalah untuk mempertajamkan pikiran, bahwa filsafat tidak hanya cukup diketahui, tetapi harus dipraktekkan dalam hidup sehari-sehari. Orang mengharapkan bahwa filsafat akan memberikan kepadanya dasar-dasar pengetahuan, yang dibutuhkan untuk hidup secara baik. Filsafat harus mengajar manusia, bagaimana ia harus hidup agar dapat menjadi manusia yang baik dan bahagia.
    – tujuan filsafat adalah mencari hakikat kebenaran sesuatu, baik dalam logika (kebenaran berpikir), etika (berperilaku), maupun metafisik (hakikat keaslian).
    -pengaruh filsafat dalam keperawatan : membantu dalam proses pemecahan masalah

  35. Filsafat ilmu keperawatan yang saya ketahui yaitu mencakup ilmu – ilmu yang mempelajari bentuk dan sebab tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia. melalui pengkajian mendasar tentang hal – hal yang melatar belakangi, serta mempelajari berbagai bentuk upaya untuk mencapai kebutuhan dasar tersebut melalui pemanfaatan semua sumber yang ada dan potensial.
    * Pengaruhnya yaitu kita dapat mempertahankan, menopang, memelihara, dan meningkatkan integritas seluruh kebutuhan dasar manusia.
    * Manfaatnya yaitu memberikan asuhan keperawatan yang holistic sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya pada berbagai tatanan pelayanan, termasuk Praktik keperawatan individu dan berkelompok.

  36. filsafat keperawatan adalah ilmu tentang hakikat manusia yang di dasari dengan pola pikir yang rasional dalam pengembangan ilmu keperawatan.dan dapat memecahkan suatu suatu masalah.

    pengaruhya kita dapat berpikir dengan benar dan lebih gampan mengerti dengan adanya filsafat

    mamfaat fisafat keperawatan kita bisa berpikir secra dewasa untuk menentukan tindakan sebelum melakukan ……………….

  37. Menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah ilmu yang mempelajari tentang pendalaman pikiran yang dipergunakan untuk lebih memahami dan mendalami suatu masalah (kasus), ilmu ini berpengaruh penting terhadap masalah kesehatan karna saling berkaitan untuk mencapai suatu kesejahteraan….

  38. menurut saya filsafat ilmu keperawatan yaitu untuk mencari suatu kebenaran dan cara untuk berpikir, agar mencapai suatu kebenaran.
    pengaruh dan manfaatbagi ilmu keperawatan yaitu memberikan ajaran tentang moral dan etika yang berguna bagi kehidupan. dan menjadi sumber inspirasi dan pedoman, dan juga dapat mendorong agar membentuk suatu pemikiran yang sehat terhada[ kehidupan. untuk memberikan pedoman pemikiran bagi kita. dan akan mengaitkan dengan faktor, bio, psiko, sosio, dan spiritual

  39. Menurut saya Falsafah ilmu keperawatan adalah suatU cara dalam keperawatan untuk mencari kebenaran tentang hal-hal yang di anggap belum pasti apakah tindakan yang kita lakukan dan pendapat yang kita keluarkan itu -pengaruh filsafat dalam keperawatan :
    sangat berhubungan serta tidak dapat dipisahkan,karna degan berfilsafat perawat akan selalu berpikir secara positif dalam mengambil tindakan atau suatu keputusan.

  40. MULIANA BASRI NIM=3150050030
    yang saya ketahui, filsafat ilmu keperawatan adalah secara bahasa ndi artikan sebagai cinta kepada kebenaran di mana filsafat berasal dari yunani yaitu FILOSOFIAL yang terdiri dari suku kata filo yang artinya cinta dan SOPIA adalah kebenaran jadi fisafat ilmu yang mempelajari daya kerja seseorang dan mencari kebenaran yang dimana akan di ceritakan dan di terapkan ke dalam ilmu keperawatan
    PENGARUHNYA= pola berfikir seseorang akan berpengaruh ke tingkah laku. dan hubungannya sangat erat karna dengang mempelajari filsafat kita akan mudah menjalankan keperawatan dan intinya jika kita tidak mengetahui suatu filsafat maka keperawatan tidak akan berjalan lancar, dak tidak akan bisa menuju ke perawat yang profesional.
    MANFAATNYA= meningkatkan etika keperawatan, sebagai ideologi dalam dunia keperawatan,
    sumber pemberian yang berpedoman menjalani aspe-aspek kehidupan,
    sebagai konsep dasar keperawatan dalam melakukan segala suatu tindakan keperawatan untuk menuju kesejahtraan,
    menjadikan kita sebagai orang yang bertanggung jawab dalam melakukan suatu hal,

  41. menurut pendapat saya filsafat ilmu keperawatan adalah cara pandang seseorag tentang belajar rasional.atau dengan kata lain berfilsafat merupakan suatu proses untuk mencari sebuah kebenaran.
    manfaat filsafat ilmu keperawatan akan bisa mendapatkan kemajuan yang lebih.dan mempunyai dampak yang baik dalam ilmu keperawatan itu sendiri dan juga akan bisa dijadiikan kerangka dasar dalam ilmu keperawatan untuk melakuakan suatau tindakan atau proses keperawatan lain
    pengaruh filsafat dalam keperawatan yaitu bisa membawah sebuah dampak positif dalam ilmu keperawatan dengan cara mencari dari kebenaran-kebenaran(berfilsafat) tentang hal-hal baru.

  42. menurut saya filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau kelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan dan di cita-citakan. filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam pemikiran segalah sesuatu secara mendalam.dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segalah hubungan.filsafat ilmu keperawatan manfaatnya yaitu pandangan dasar tentang hakekat manusia dan asensi keperawatan yang menjadikan dasar dalam praktek keperawatan, bisa juga filsfat keperawatan mengkaji penyebab dan hukum-hukum yang mendasari realitas, serta keingintahuan tentang gambaran sesuatu yang lebih berdasarkan pada alasan yang logis daripada metode empiris.

  43. menurut saya tentang filzapfat dalam ilmu keperawatan yaitu merupakan ilmu yang mendalami, dan lebih dalam lagi, maksutnya mencari kebenaran yang sesungguhnya sehingga kita dapat mengetahui bagaimana dan apa itu keperawatan dalam filsafat ilmu keperawatan.
    manfaatnya: kita dapat berpikir ke arah yang lebih baik.
    kita dapat menciptan suasana yang lebih nyaman, dan tentram.
    pengaruhnya: dapat meningkatkan keadaan yang lebih baik

  44. Menurut saya, filsafat ilmu keperawatan adalah suatu ilmu yang selalu berfikir bertujuan untuk mencari kebenaran.
    pengaruhnya yaitu, keputusan-keputusan yang kita ambil dapat memperoleh hal yang adekuat dan rasional.
    manfaatnya yaitu dengan berfikiran yang rasional kita bisa mempertanggungjawabkan suatu tindakan yang kita lakukan…..

  45. Menurut saya filsafat adalah ilmu keperawatan yang berpola fikir secara cepat,tepat dan benar.
    manfaatnya pada filsafat ilmu keperawatan adalah mampu berfikir secara logis dan benar.

  46. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah dimana mempelajari cara berfikir seseorang untuk mecari sebuah kebenaran(bersifat jelas dan tegas). manfaat dari ilmu filsafat keperawatan yaitu dimana seseorang mendapat pengetahuan dari sebuah pengalaman sesuatu yang memiliki nilai sehingga ia akan mencari kebenaran. pengaruh ilmu filsafat terhadap keperawatan yaitu dapat mendorong seseorang berfikir lebih baik.

  47. -menurut saya filsafat ilmu keperawatan adlh ilmu yg brtujuan memahami seluk beluk arah kebenaran dalam suatu tindakan keperawatan
    -pengaruh dan manfaat : memberikan keyakinan dgn yg ia tlh lakukan dan merasa puas dengan tindakannya

  48. menurut pribadi saya ilmu keperawatan adalah ilmu di mana seseorang bisa mencapai kebenaran pengetahuan dalam arti kebenaran itu melibatkan dalam pemikiran secara logika dalam keperwawatan
    manfaatnya : ilmu keperawatan yaitu dimana seseorang mampu berpikir secara lebih dalam atau lebih baik
    pengaruhnya: dapat meningkatkan ke arah yang lebih baik.

  49. -menurut saya ilmu filsafat dalam keperawatan merupakan hal yg mndasar yg trjadi dalam diri manusia untuk mengetahui sampai dimana pengetahuan itu dapat dipastikan kebenarannya
    -pengaruhnya : tanpa adanya filsafat berarti kita tidak punya komitmen untuk mengetahui kebenaran dari suatu tindakan
    -manfaat : filsafat keperawatan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia karna dgn filsafat kita bisa mempelajari cara2 maupun tindakan2 yg harus kita lakukan untuk mencapai suatu hasil yang maksimal @

  50. menurut saya tentang filzafat dalam ilmu keperwataan yaitu merupakan ilmu yang mendalami, dan lebih dalam lagi. artinya mencari kebenaran yang sesuggunya, sehingga kita dapat mengetahui bagaimana dan untuk apa keperawatan itu dalam filzafat keperwatan.
    Manfaat : kita mampu berpikir ke arah yang lebih luas,
    Pengaruhnya. : dapat menigkatkan suasana yang lebih baik. dan nyaman.

  51. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah suatu kebenaran atau suatu pandangan hakekat manusia.
    manfaat: sebagai dorongan kepada kita agar dalam melakukan pelayanan keperawatan harus sesuai dengan prosedur yang berlaku .
    pengaruh agar kita dapat lebih meningkatkan kinerja kita sebagai seorang perawat

  52. ilmu yang mempelajari tentang cara berpikir seseorang untuk mencari suatu kebenaran dmn seseorang itu dapat mengetahui pengetahuan yang akan terus berubah berhubungan dengan perkembangan manusia manfaat bagi keperawatan perwat dapat melakukan suatu kesimpulan berupa suatu pemahaman/pengetahuan.
    pengaruh keperawatan berpilsafat dan selelu berfikir ke arah yang negatif.

  53. menurut saya filsafat ilmu keperwatan adalah bagaimana cara seseorang dalam berfiir tentang kesehjahteraan kliennya, dan memberikan pelayanan yang bijaksana terhadap pasien. manfaatnya dlm ilmu keperawatan adalah bagaimana sikap seorang perawat dalam menghadapi kliennya dan selalu memberikan pelayanan yang bijaksana terhadap semua pasien, tanpa membeda-bedakan klien

  54. menurut saya FIK adalah suatu ilmu yg mempalajari tentang cara berfikir seorng perawat dalam menghadapi pasiennya tentang kebenaran dan kebijaksanaan. manfaat: agar seoang perwat bisa berfikir secara bijaksana dalam menghadapi pasiennya

  55. ^_^ —-Sesuai dengan apa yang saya tahu mengenai filsafat ilmu keperawatan yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang cara berfikir seorang tenaga medis dalam membantu kliennya menuju sejahtera.

    ^_^ —- Filsafat ilmu keperawatan sangat penting peranannya terhadap penalaran manusia untuk membangun pengetahuan tentang ilmu keperawatan. Sebab, filsafat ilmu akan menyelidiki, menggali, dan menelusuri sedalam, sejauh, dan seluas mungkin semua tentang hakikat ilmu.

    ______________CICI MULIATI________________

  56. -Menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah wujud misalnya dengan disiplin keilmuan yang telah berkembang,maka pada saat tertentu ilmu keperawatan mulai mempertanyakan identitas dirinya sebagai sebuah disiplin keilmuan yang mandiri.
    -Menurut saya pengaruh filsafat ilmu keperawatan adalah pengalaman yang diperoleh melalui indra,dan saat kita dilahirkan,akal kita masih berwujud catatan kosong,yang kemudian berfungsi sebagai tempat pencatat pengalaman indrawi.
    -Menurut saya manfaat ilmu keperawatan adalah prosedur yang mencakup tindakan,pikiran,pola kerja,cara teknis,dan langkah untuk memperoleh pengetahuan atau mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

  57. -Menurut saya ilmu keperawatan adalah wujud misalnya dengan disiplin keilmuan, yang telah berkembang, maka pada saat tertentu ilmu keperawatan mulai mempertanyakan identitas dirinya sebagai sebuah disiplin keilmuan yang mandiri.
    -Menurut saya pengaruh filsafat ilmuy keperawatan adalah pengalaman yang diperoleh melalui indra dan saat kita dilahirkan akan kita masih berwujud cacatan kosong yang kemudian berfungsi sebagai tempat pencatat pengalaman indrawi.
    -Menurut saya manfaat ilmu keperawatan adalah prosedur yang mencangkup tindakan, pikiran, pola kerja,cara teknis, dan langkah untuk memperoleh pengetahuan atau mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

  58. menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah suatu tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat melaluai pemikiran untuk mencari kebenaran yang sebenarnya, pengaruhnya terhadap ilmu keperawatan adalah memberi motivasi kerja seorang perawat tehadap komitmennya sebagai seorang perawat dan menambah kinerja dalam melayani kliennya, manfaatnya adalah agar perawat bisa lebih memahami propesinya sebagai seorang perawat dan menjalankan propesi tersebut sesuai prosedur yang ada tanpa harus membeda-bedakan satu dengan yang lainnya.

  59. Menurut saya fisafat ilmu keperawatan yaitu suatu proses berfikir dalam suatu tindakan dalam proses keperawatan itu sendiri baik secara teori maupun praktek, jadi pengaruh ilmu fisafat keperawatan bagi kesehatan ataupun keperawatan itu sendri sangat tinggi karna merupakan pandanagan dasar tentang keharusan manusia dan esensi keperawatan yang menjadi susunan dasar dalam praktek keperawatan sehingga dapat disimpulkan bahwa tanpa berfilsafat dalam suatu keperawatan maka keperwatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik apalagi berkembang, manfaanya yaitu dalam keperawatan itu sendri akan lebih mudah melaksanakan prosedur kerja.

  60. -Menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah wujud,misalnya dengan disiplin keilmuan,yang telah berkembang,maka pada saat tertentu ilmu keperawatan mulai mempertanyakan identitas dirinya sebagai sebuah disiplin keilmuan yang mandiri.
    -Menurut saya pengaruh filsafat ilmu keperawatan adalah pengalaman yang diperoleh melalui indra,dan saat kita dilahirkan akal kita masih berwujud catatan kosong yang kemudian berfungsi sebagai tempat pencatat pengalaman atau indrawi.
    -Menurut saya manfaat ilmu keperawatan adalah prosedur yang mencakup tindakan,pikiran,pola kerja,cara teknis,dan langkah untuk memperoleh pengetahuan atau mengembangkan pengetahuan atau mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

  61. -Menurut saya filsafat ilmu keperawatan adalah wujud misalnya dengan disiplin keilmuan,yang telah berkembang,maka pada saat tertentu ilmu keperawatan mulai mempertanyakan identitas dirinya sebagai sebuah disiplin keilmuan yang mandiri.

    -Menurut saya pengaruh filsafat ilmu keperawatan adalah pengalaman yang diperoleh melalui indra,dan saat kita dilahirkan akal kita masih berwujud catatan kosong yang kemudian berfungsi sebagai tempat pencatat pengalaman indrawi.

    -Menurut saya manfaat ilmu keperawatan adalah prosedur yang mencangkup tindakan,pikiran,pola kerja,cara teknis,dan langkah untuk memperoleh pengetahuan atau mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

  62. Menurut saya filsafat itu sangat penting dalam ilmu keperawatan mengapa sayakatakan seperti itu karna filsafat mencari ilmu keakar-akarnya tampa filsafat otomatis kita akan sulit memahami tentang realitas ataupun ilmu keperawatan, jadi filsafat sangatlah penting menurut saya
    pengaruhnya filsafat dalam keperwatan adalah di mn kita belum memahami tentang sesuatu itu menjadi kita pahami karna adanya filsafat
    mamfaatnya adalah dimana kita lebih mudah memahami tentang ilmu-ilmu keperawatan jadi filsafat sangat penting bagi perwat

  63. Merurut saya ilmu filsafat dalam keperawatan merupakan cara seseorang untuk berfikir bagaimana caranya untuk mendapatkan kebenaran yg pasti,dan bisa di terima oleh masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s