SOAL UTS METLIT

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN

STIKes BINA GENERASI POLEWALI MANDAR

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

Mata Kuliah       : Metodologi Penelitian

Dosen              : Andan Firmansyah, S.Kep., Ners.

Hari/Tanggal      : Senin / 9 November 2009

Peraturan          : – Open Book!!

 

Penyakit diare di Indonesia masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang harus mendapat perhatian karena sering tingginya morbiditas. Adapun tingginya angka kejadian penyakit diare disebabkan oleh karena beberapa faktor antara lain kesehatan lingkungan yang belum memadai, keadaan gizi, kepadatan penduduk, tingkat pendidikan, keadaan sosial ekonomi, dan perilaku masyarakat yang belum mendukung upaya perbaikan lingkungan khususnya penyediaan air bersih.

Dalam standar morbiditas sarana kesehatan nasional 2005. Diare termasuk dalam peringkat V yaitu termasuk golongan gangguan saluran cerna.

Diare adalah buang air besar dengan frekuensi yang tiada normal (meningkat) dan konsistensi tinja yang lebih lembek atau cair. Sedang pada diare akut adalah buang air besar dengan frekuensi yang meningkat dan konsistensi tinja yang lebih lembek, atau cair dan besifat mendadak, datangnya dan berlangsung dalam waktu kurang dari 2 minggu.

Dalam kasus diare ini juga dapat dipengaruhi beberapa faktor lingkungan misalnya saja air, karena dalam air juga terdapat beberapa macam bakteri phatogenik organisme yang dapat mendukung terjadinya keadaan diare. Misalnya saja sighella dysentriae, salmonella typhi, salmonella paratyphi, virus kolera.

Menurut data dari penyakit diare ini termasuk dalam 10 besar penyakit yang dimana telah dilaporkan adanya 146 kasus pada kelompok remaja sekitar 53 % dan kelompok umur dewasa juga sebanyak 153 kasus atau sekitar 55 % dan sisanya pada umur anak – anak.

Hal ini masih dapat terjadi karena didesa Lampa kecamatan mapilli tersebut sebagian besar penduduknya masih menggunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

  1. Apa judul yang paling tepat untuk kasus diatas?
  2. Apakah Rumusan masalah yang paling tepat!
  3. Buatlah Tujuan Penelitiannya ( umum dan khusus )
  4. Buat pula Manfaat penelitiannya

 

Bacalah Abstraksi Berikut dan jawab pertanyaan no 5-10 !

Akhir-akhir ini kasus gizi buruk di Indonesia meningkat tajam dan krisis ekonomi bukanlah satu-satunya faktor penyebab timbulnya masalah gizi buruk. Banyak faktor lain yang dapat menjadi pencetus terjadinya giji buruk. Karena itu penanggulangan masalah gizi buruk seyogyanya memperhatikan semua aspek pencetus yang berpengaruh timbulnya masalah tersebut, termasuk penyakit yang diderita oleh balita gizi buruk. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai pola penyakit pada balita gizi buruk. Penelitian ini bersifat retrospektif dengan menggunakan data pengunjung klinik tahun 2006 – 2007. Dari 508 kasus gizi buruk 52,2 persennya adalah anak perempuan dan 47,8 persennya dialami oleh anak laki-laki.

 

  1. Apa judul yang cocok untuk abstraksi diatas?
  2. Jenis/Metode penelitian apa yang cocok untuk penelitian diatas?
  3. Buat Kerangka konsep penelitian diatas
  4. Apa yang dimaksud dengan Variabel? Dan sebutkan variabel yang terdapat pada penelitian diatas?
  5. Apa yang dimaksud dengan populasi? Dan siapa populasi pada abstraksi diatas?
  6. Apa yang dimaksud dengan sampel? Dan berapa sampel pada abstraksi diatas? ?

 

 

 

 

Visit us at: http://www.aandan.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s