PANDUAN MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) DAN SKRIPSI DENGAN MUDAH DAN MENYENANGKAN

Penulisan karya tulis ilmiah merupakan tugas akhir seorang mahasiswa apabila ingin menyelesaikan suatu jenjang pendidikan. Sayangnya tidak semua mahasiswa paham, mengerti cara melakukan penelitian. Bahkan banyak mahasiswa yang memiliki nilai A pada mata kuliah metodologi penelitian, akan tetapi mengalami kesulitan pada saat dia harus menuangkan kedalam sebuah tulisan. Tulisan yang baik tentunya tidak hanya dimengerti oleh pembuatnya akan tetapi yang lebih penting dapat menyampaikan informasi kepada pembaca apapun tingkat pendidikan dan profesinya.

Mengapa banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membuat sebuah rencana penelitian?

Jawabanya, penelitian bukan cuma sebuah mata kuliah yang harus dihapalkan, lebih dari itu yaitu perilaku atau tindakan yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan.

Mengapa pengetahuan?

Pengetahuan diperlukan untuk membuat konsep atau rancangan yang abstrak atau tidak nyata, sedangkan yang dimaksud dengan keterampilan adalah kemampuan merealisasikan atau menuliskan konsep yang telah dipikirkan menjadi sebuah hurup, kata, kalimat, paragraf, bab, dan laporan.

Mengapa kedua-duanya harus ada?

Apakah tidak cukup nilai yang baik pada matakuliah prasyarat sebelumnya?

Jawabannya adalah pernahkah anda mengalami atau mendengar pembicaraan seorang mahasiswa yang mengalami kesulitan menuliskan kata-kata padahal menurut dia idenya sudah ada di kepala? Pernahkan anda mengalami atau melihat seorang mahasiswa yang sudah duduk didepan komputer dengan posisi siap mengetik, akan tetapi detik demi detik bahkan jam mungkin juga hari ternyata tidak satu kalimat pun yang berhasil ditulis.

Mungkin juga anda pernah mendapatkan atau mengalami sendiri, ide yang ada dikepala ternyata berbeda dengan apa yang dituliskan dikertas. Sehingga bukan hanya orang lain yang membaca, anda sendiri merasa tidak mengerti apa isi dari tulisan anda dan lebih parah lagi anda merasa tidak pernah menuliskan kalimat demi kalimat yang sedang anda baca.

Sebenarnya langkah dalam membuat rencana penelitian atau prosposal penelitian tidak ada bedanya dengan aktivitas keseharian kita.

Loh kok bisa?

Maksudnya begini. Coba anda bayangkan langkah-langkah yang akan anda lakukan pada saat anda akan berganti pakaian setelah anda selesai mandi pagi. Sudah barang tentu yang harus anda bayangkan adalah urutannya atau pakaian mana yang harus terlebih dahulu dipakai. Sebelum langkah tersebut pasti anda sudah menentukan pakaian yang mana yang akan dipergunakan pada hari itu. Pemilihan pakaian pasti akan anda sesuaikan dengan mau kemana anda. Kembali pada langkah memakai baju, anda akan menggunakan pakaian dalam terlebih dahulu kemudian baru pakaian yang lebih luar. Apabila anda memakai pakaian luar di bagian dalam dan pakaian dalam diluar, analisis saya adalah: itu tidak dilakukan oleh orang normal kecuali anda memang superman.

Apa hubungan antara saya menjelaskan cara menggunakan pakaian dengan proposal penelitian?

Memang tidak ada hubungan langsung kecuali anda harus berpakaian pada saat membuat proposal kalau tidak mau masuk angin…he..he.

Begini, berpakaian yang ternyata memiliki langkah-langkah, akan tetapi karena sering berpakaian sehingga kita tidak sadar bahwa urutan itu ada. Pembuatan proposal penelitian pun sama, ada langkah-langkahnya. Dengan kata lain pembuatan proposal penelitian harus dilakukan dengan sistematis. Betul, salah satu ciri sebuah karya ilmiah adalah ada unsur sistematis.

Yah…dari dulu saya juga tahu bahwa ada langkahnya… itu mungkin pernyataan yang muncul dalam benak anda pada saat menbaca ini. Bagus, kalau anda menyadarinya. Dengan demikian anda pasti mengetahui apa yang harus ada kerjakan pertama kali sebelum melakukan pekerjaan lain.

Baiklah karena kita sama-sama telah mengetahui bahwa penelitian itu membutuhkan langkah-langkah yang sistematis, maka saya akan menjelaskan dengan bahasa sederhana setiap langkah yang anda harus lewati apabila anda akan membuat suatu proposal penelitian. Serius Nih….. tadi?

Langkah Pertama: Mencari Masalah Penelitian dan pertanyaan penelitian.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh calon peneliti pada saat akan merencanakan sebuah proposal penelitian adalah mencari masalah penelitian dan pertanyaan penelitian.

Pasti muncul pertanyaan pada benak anda, “bukankah judul itu lebih penting?”

Kembali ke cara anda berpakaian. Bukankah langkah pertama pada saat anda berpakaian karena anda tidak berpakaian, pakaian anda kotor atau mungkin pakaian yang ada pakai tidak sesuai dengan acara yang akan diikuti. Anggaplah masalah utamanya adalah anda tidak berpakaian.

Dari mana anda menyatakan masalahnya adalah tidak berpakaian?

Secara konsep, masalah adalah penyimpangan antara harapan dan kenyataan.

Harapannya anda harus berpakaian apabila tidak mau menderita masuk angin, sementara pada saat itu anda tidak berpakaian sehingga kemungkinan besar anda akan masuk angin kalau tidak memakai pakaian. Dengan demikian masalah timbul yaitu anda tidak berpakaian.

Lalu hubungannya dengan pertanyaan penelitian?

Setelah anda menyadari anda tidak berpakaian, maka timbul pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

1.Bagaimana kalau saya tidak berpakaian?

2.Pakaian apa yang cocok dengan saya?

3.Apa yang harus saya pertimbangkan dalam memilih pakaian?

4.Apakah ada hubungan antara berpakaian dengan masuk angin?

5.Bagaimana persepsi masyarakat jika saya tidak berpakaian?

6.Dan sebagainya.

Ternyata dari satu masalah kita mendapatkan lebih dari satu pertanyaan. Begitu pula pada saat anda mendapatkan masalah penelitian maka anda akan mendapatkan banyak sekali pertanyaan penelitian.

Satu pertanyaan penelitian minimal bisa anda jadikan satu judul penelitian.

Dengan demikian langkah pertama anda adalah mencari masalah penelitian.

Kemudian muncul kembali pertanyaan anda, darimana saya mendapatkan masalah penelitian?

Pada saat menemukan masalah karena tidak berpakaian maka sebenarnya anda mendapatkan itu pengetahuan sebelumnya dari:

1. Pengalaman sendiri, mungkin anda pernah masuk angin akibat tidak berpakaian.

2. Orang lain, orang lain menyatakan bahwa kalau tidak berpakaian maka anda akan masuk angin.

3. Buku, apabila anda membaca buku cara berpakaian sesuai dengan acara resmi maka anda akan memilih pakaian sesuai dengan acara tersebut.

4. Penelitian, mungkin juga anda membaca hasil penelitian orang lain bahwa ada hubungan antara tidak berpakaian dengan masuk angin.

Kaitannya dengan cara mendapatkan masalah?

Masalah penelitian anda akan dapatkan dari:

1. Pengalaman sendiri, misalnya anda sebagai petugas kesehatan tentuanya anda akan mendapatkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan atau teori dengan kenyataan dan itulah masalah.

2. Orang lain, anda bergaul dengan orang lain tentunya orang yang ahli dibidangnya. Orang tersebut menyatakan ada masalah, dan anda mengambil masalah itu menjadi masalah penelitian anda.

3. Buku, tuntunan dari Allah SWT yang menyuruh kepada Nabi Muhammad SAW yang tidak dapat membaca adalah Ikro, Ikro, Ikro….Baca, Baca, Baca… Bacalah dengan nama Tuhanmu. Dengan membaca anda akan mendapatkan permasalahan, jadi Bacalah…

4. Penelitian, anda dapat membaca hasil penelitian orang lain dan disana anda mendapatkan masalah yang direkomendasikan oleh peneliti. Bisa juga anda melakukan penelitian kecil (small research) terkait sebuah topik yang anda senangi dan dari sana anda akan mendapatkan masalah.

Mudahkan? He he …

Alhamdulilah…

Setelah langkah pertama selesai maka anda akan menuju langkah selanjutnya yaitu menuliskan isi fikiran / masalah yang anda temukan dalam sebuah proposal penelitian:

Untuk menyamakan presepsi juga struktur ini dari proposal penelitian bagi mahasiswa STIKES BINA GENERASI, maka komponen pada pembuatan proposal penelitian merujuk pada buku panduan penyusunan dan penulisan karya tulis ilmiah dan skripsi yang dikeluarkan oleh institusi STIKes Biges pada halaman 7-8. Dimana secara garis besar memuat beberapa hal pokok yang akan saja jelaskan.

Latar belakang merupakan pembenaran (justifikasi) terhadap pemilihan masalah penelitian. Dalam latar belakang calon peneliti memaparkan:
1. mengapa penelitian tersebut harus dilakukan?
2. bagaimana kalau tidak dilakukan penelitian?
3. bagaimana kalau dilakukan penelitian?

Pada saat menjelaskan mengapa penelitian dilakukan, calon peneliti harus menjelaskan fenomena/masalah yang ada dilapangan sehingga menyebabkan perlunya untuk dilakukan penelitian. Dalam menjelaskan masalah, calon peneliti harus membandingkan antara harapan atau teori dengan kenyataan yang ada sehingga timbul kesenjangan (masalah). Fenomena yang ada dapat diperoleh dari:

1. hasil penelitian pendahuluan (small research)

2. hasil penelitian orang lain

3. instansi lain yang sesuai

4. pengalaman calon peneliti

Data atau fenomena tersebut disusun dengan menggunakan metode deduktif atau induktif (dari umum ke khusus atau dari khusus ke umum). Contoh menggunakan metode deduktif. Dalam kesempatan ini calon peneliti ingin menjelaskan data yang berasal dari organisasi kesehatan dunia, dinas kesehatan kabupaten, dinas kesehatan provinsi, departemen kesehatan, rumah sakit kabupaten atau kota, dan unit tertentu di rumah sakit kabupaten atau kota/puskesmas/masyarakat. Maka pada saat menuliskan calon meneliti mengurutkan data atau fenomena dari:

1. World Health Organization (WHO) (Dunia)

2. Depatemen Kesehatan (Indonesia)

3. Dinas Kesehatan Provinsi (Provinsi)

4. Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota (Kabupaten atau Kota)

5. Rumah Sakit/Puskesmas/Masyarakat

6. Unit Tertentu dari Rumah Sakit/Puskesmas/Masyarakat

Selanjutnya setelah menampilkan fenomena tersebut calon peneliti mengungkapkan masalah atau kesenjangan yang ada, dengan cara membandingkan antara harapan dan kenyataan. Hasil perbandingan tersebut menunjukan adanya kesenjangan yang harus dicari jalan pemecahannya. Salah satu pemecahannya adalah perlunya penelitian dilakukan untuk menjawab masalah tersebut. Setelah itu peneliti juga memberikan alasan apabila penelitian tidak dilakukan dan apabila penelitian dilakukan.

Contoh: Judul Penelitian “Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan ketaatan memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali”

Selanjutnya adalah menuliskan Rumusan Masalah penelitian

Masalah penelitian merupakan masalah yang akan dicari jawabannya melalui penelitian yang akan dilakukan. Masalah penelitian ditulis dalam bentuk kalimat tanya.
Contoh:
Bagaimana hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan ketaatan memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali?

Selanjutnya adalah menyampaikan tujuan penelitian

Tujuan Umum

Tujuan umum merupakan tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini dengan kata lain tujuan akhir dari penelitian ini.

Contoh:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan keataatan memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali.

Tujuan Khusus

Tujuan khusus merupakan tujuan yang ingin dicapai melalui variabel independen dan dependen. Apabila ada sub variabel dari independen maupun dependen maka dibuat juga dalam tujuan khusus.

Contoh:

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah:

a. Mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu hamil yang memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Polewali

b. Mengidentifikasi ketaatan ibu hamil yang memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Polewali

c. Mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu hamil dan memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Polewali berdasarkan tingkat pendidikan

d. Mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu hamil dan memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Polewali berdasarkan usia

e. Mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu hamil dan memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Polewali berdasarkan paritas

f. Mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu hamil dan memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Polewali berdasarkan tingkat sosial ekonomi

Tahap Selanjutnya adalah Manfaat Penelitian:

Dalam menjelaskan manfaat penelitian calon peneliti harus menjelaskan manfaat dari penelitian yang akan dilakukan terhadap calon peneliti, profesi calon peneliti, tempat penelitian, instansi calon peneliti kalau mungkin manfaat untuk penelitian selanjutnya. Penjelasan tentang manfaat penelitian harus ditulis secara spesifik, artinya manfaat tersebut adalah manfaat dari penelitian yang akan dilakukan bukan dari yang lain.

Contoh:

1. Manfaat untuk peneliti

Melalui penelitian ini peneliti dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pembelajaran terutama tentang hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil dengan ketaatan dalam memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali

2. Manfaat untuk profesi keperawatan

Melalui penelitian ini diharapkan dapat menambah memperkaya keilmuan dalam keperawatan terutama keperawatan maternitas tentang hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan ketaatan dalam memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali.

3. Manfaat untuk tempat penelitian

Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi Rumah Sakit Umum Polewali terkait dengan hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan ketaatan dalam memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali.

4. Manfaat untuk Stikes Bina Generasi Polewali Mandar

Penelitian ini dapat dipergunakan sebagai literatur ilmiah dalam bidang keperawatan maternitas terutama dalam hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan ketaatan dalam memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali.

5. Manfaat untuk penelitian selanjutnya

Penelitian ini dapat dipergunakan sebagai bahan dalam melanjutkan penelitian terkait dengan hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan ketaatan dalam memeriksakan diri selama kehamilan di Rumah Sakit Umum Polewali.

Selanjutnya Metode Penelitian:

Berikut ini contoh dari metode penelitian, akan tetapi setiap penelitian mempunyai metode-metode yang berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin di capainya. Metode penelitian adalah cara penelitian itu dilakukan. Biasanya Metode penelitian terdiri dari:
1. Jenis Penelitian
2. Tempat Penelitian
3. Waktu Penelitian
4. Populasi, sampel dan sampling
5. Instrumen penelitian
6. Rencana analisa
7. Etika Penelitian
Jenis Penelitian
Jenis penelitian dapat menunjukan sebuah cara memandang sebuah penelitian berdasarkan cara pandang tertentu. Misalnya: Jenis penelitian berdasarkan jenis data yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian dilihat dari cara pendekatan yaitu cross sectional (potong lintang) dan longitudinal. Jenis penelitian dilihat dari hubungan antar variabel yaitu deskriftif, korelasional, komparasi.
Tempat Penelitian
Tempat penelitian menunjukan dimana penelitian akan dilakukan. Disini calon peneliti harus secara lengkap menjelaskan tentang rencana penelitian akan dilakukan. Apabila tempat penelitian dilakukan di lebih dari satu tempat maka calon peneliti harus menjelaskan dimana saja penelitian tersebut.
Waktu Penelitian
Dalam menjelaskan waktu penelitian, calon peneliti harus menjelaskan dari mulai perencanaan sampai dengan publikasi. Kebanyakan calon peneliti mengambarkan waktu penelitian dalam bentuk tabel rencana penelitian.
Populasi,
Dalam menjelaskan populasi, calon peneliti harus menjelaskan berapa besar populasi yang menjadi target dalam penelitian tersebut. Target populasi adalah populasi yang akan digunakan untuk melakukan generalisasi dari sebuah penelitian.
Sampling
Dalam menjelaskan sampling calon peneliti dengan cara apa mengambil sampel. Dalam menentukan jenis sampling seorang peneliti harus mempertimbangkan populasi target, metode penelitian, dan jenis pendekatan.
Sampel
Dengan menggunakan tehnik sampling yang baik calon peneliti dapat menentukan ukuran sample dari sebuah penelitian. Sample merupakan subjek penelitian yang terlibat langsung dalam penelitian. Hasil dari sample tersebut pada akhir penelitian akan digeneralisasi pada populasi target.
Instrumen Penelitian
Validitas
Reliabilitas
Jenis Data
Data Primer dan Data Sekunder
Rencana Analisis Data
Univariat
Tujuan dari analisis univariat (deskriftif) adalah menjelaskan / mendeskripsikan karakteistik masing-masing variabel yang diteliti. Pada dasarnya analisis ini digunakan untuk meringkas data menjadi ukuran tengah dan ukuran variasi. Ringkasan tersebut selanjutnya dibandingkan dengan gambaran dari subjek yang lain. Dalam meringkas data numerik ukuran tengah yang biasa dipergunakan adalah mean, median, dan modus. Sedangkan nilai tengah diantaranya range, jarak inter quartil, standar deviasi.
Bivariat
Analisis ini digunakan untuk menghuji hubungan atau pengaruh dari dua buah variabel. Jenis uji bivariat disesuaikan dengan jenis data dari masing-masing variabel.
Etika Penelitian
Dalam menjelaskan etika penelitian calon peneliti harus menjelaskan masalah etik yang mungkin terjadi. Masalah etik tersebut dijelaskan oleh calon peneliti secara jelas termasuk cara mengatasi masalah etik tersebut.
Beberapa masalah etik yang biasa terjadi dalam penelitian adalah: hak untuk self determination; hak terhadap privacy dan martabat; hak terhadap anonymity dan confidentiality; hak untuk mendapatkan penanganan yang adil; dan hak terhadap perlindungan dari ketidaknyamanan atau kerugian. Hak self determination memberikan otonomi kepada subjek penelitian untuk membuat keputusan secara sadar, bebas dari paksaan untuk berpartisipasi atau tidak berpartisipasi dalam penelitian ini atau untuk menarik diri dari penelitian ini. Sedangkan hak terhadap privacy dan dignity memberikan kesempatan kepada subjek penelitian untuk menentukan waktu, dan situasi dimana dia terlibat. Dengan hak ini pula informasi yang didapatkan di subjek penelitian tidak boleh dikemukakan kepada umum tanpa persetujuan dari yang bersangkutan. Sementara itu hak anonymity dan confidentiality didasari atas hak kerahasiaan, subjek penelitian memiliki hak untuk tidak ditulis namanya atau anonim dan memiliki hak untuk berasumsi bahwa data yang dikumpulkan akan dijaga kerahasiaanya.

Alhamdulillah….

Semoga catatan kecil ini bisa sedikit membantu anda…..

Amien…. Segala puji bagi allah swt yang menguasai langit dan bumi….

About these ads

92 Tanggapan

  1. maKasih baNgeT ya…
    aKhirnya peNetahuan Q teNtang penulisan KTI yaNg baIk bErtambaH juga

    _miNda_

  2. mas…
    minta tolong bantuin…
    contoh KTI JIWA DENGAN MENARIK DIRI..
    balas ke email ku ya…

  3. wah jadi sumber inspirasi nih.klo ada tips2 lagi kirim2.thangks

  4. wah bagus juga
    skalian kirimin donk password dari judul KTI diatas
    buat contoh referensi nich..
    kirim ke email qu yach..
    thx..

    @odi= pass nya sama dengan askep, lihat aja di halaman askep ok!

  5. AsSalam..
    boleh minta tolong gak Kk?
    saya mau minta contoh KTI komunitas yg terbaru,.
    makasih sebelumnya klo Kk berkenan membantu saya, skrg saya lg alam tahap penyelesaian Kk..
    WasSalam..

  6. mAkAsih y KTI ‘na,,,,
    mEmbanTu aku bGt,,,^_^

  7. subhanallah..kali ini mudeng nech.. kemaren2 mbaca buku kok gak mudeng-mudeng yaa.. thanks.klo ada info yang laen dong seputar penelitian kirim ke mail aku yaa…

  8. tolongin dong bikin latar belakang buat KTI harga diri rendah aku pusing blm di acc trs salah mulu kalimatnya harus khusus-umum

  9. trims

  10. Twerimawkasih sekali ^^

    sangat membantu :D

  11. mas… tlg bantuin KTI jiwa Klien dengan Depresi atau Menarik diri dungKZ..
    Krm k Email Q ya mas..
    Thx Before…

  12. makasi banyak lok bisa kirimun ke meilnya ku cara yang lebih detail…

  13. toln dong cra bwat conto hKTI yang baru..hubngin ku jaya di email lo ga di fb.faqih_04@ymail.com..dtngu ya,

  14. toln dong cra bwat conto KTI yang baru..hubngin ku ja ya di email lo ga di fb.faqih_04@ymail.com..dtngu ya,

  15. tolong dong …..gmana caranya bwat contoh KTI yang baru…………..?informasi ke fb aku ja ya..faqih_04@ymail.com

  16. tolong dong …..gmana caranya bwat contoh KTI yang baru…………..?informasi ke fb aku ja ya.. faqih_04@ymail.com

  17. tolong ya bwatin conto kti komutas yang terbaru kri ke fb ku jaya.. faqih_04@ymail.com

  18. Tolong kirimin contoh KTI dengan bayi baru lahir dengan makrosomia ( Bayi Besar).. ditunggun y, Thanks bangat

  19. ni alamat emailqu naddyamanis@yahoo.com

  20. tolong minta kti,hubungan tingkat pengetahuan ibu terhadap demam pada anak

  21. Kak tolong dun, intan gy bkin proposal tentang gambaran pengetahuan pasutri dalam hubungan sex dengan menstruasi. Kira kira latar belakangnya gmana yah? Kalo ada tlg kirim k e-mail intan y kak
    inarie_ai@yahoo.com.
    Mksh kak..

  22. makasih buat infonya sangat membantu…… ^_^

  23. makacih ilmunya moga dpt jd jariyah anda

  24. pak minta tolong kirim contoh KTI jiwa yang latar belakang masalah ada disekitar rumah sakit umum …..! makasi

  25. passwordnya donk..

  26. setelah mendengar cara pembuatannya aku jadi lebih lega..kata-kata2 nya begitu mudah dipahami,namun sayangnya aku tetap bingung dengan judul yang akan aku ambil… tolong kasih masukan tentang judul nya ya pak…terima kasih sebelumnya..untuk pembuatan proposalnya akan aku usahakan dulu…kalau tidak bisa juga minta tolong bapak lagi…trim’s sebelunya….

    andan say: bisa di lihat di tab KIT-SKRIPSI, si situ ada contoh2 judul sama proposalnya, tapi ittu untuk bahan pembelajaran saja….

  27. tolong di bantu bagaimana cara pembuatan judul skripsi…pleace…

  28. Aslm. Wah bermanfaat sekali artikelnya mas Andan,,,
    Kebetulan q lagi mau mengadakan penelitian,, sukses selalu ya…
    Trims!

  29. aq sangat berterima kasih ats panduannya
    succes 4 U
    mnta FB na dunk !!!!

    @=ada di tab about

  30. Kalau boleh kasih pendapat,,,

    Bukan MENCARI MASALAH dech… Tapi MENDAPATKAN MASALAH mungkin itu yang lebih paaaaassssss….
    Y cuma kata2 sotoy getoooh..

  31. mas tolong kirimin contoh proposal tentang bedah
    aq masih sdkt bingung tuk pembuatan x
    klo ad contoh x kn lebih mudah
    tolong bantuin yach, kirimin contoh proposal bedah
    kirim k email aq yach

  32. tlong kirim….aturan penulisan ilmiah trbaru dari dkiti yah

  33. Sy sk bingung nyari jdul kti

  34. Kenapa Bingung ratna?
    Judul kan muncul dengan sendirinya kalo Masalah sudah jelas…

  35. saya bingung dengan pembuatan KTI penelitian status gizi anak sekolah dasar kelas 1 mohon bantuannya ka..

  36. tulisan bagus.

  37. that is very help 4me…
    thank u…

  38. thanks… tlg buatkan cara membuat proposal kegiatan karya ilmiah untuk di bahas di kampus…

  39. assalamu alaikum ,….
    k’ minta tolong bantuin buat proposal judul ,
    tentang penanganan ibu terhadap penyakit diare pada anak ?
    pleace ya .. k2 … bantuin sy soalnya ina tidak tahu harus mulai dari mana , maklum masih bingung ……..

  40. kak, qu mau mnta tlong
    kirimin ku cntoh proposal KTI cz q bngung mau buat proposalnya ka….kirimin ke emailq y… mksh….

  41. askum pa’ boleh minta power point yang d pelajari kemarin tentang penulisan kti bab II

  42. bantuin saya donk…
    kesalahan-kesalahan apa saja yg biasanya dilakukan mahasiswa dlm mengerjakan skripsi bab 1 bagian :
    1. latar belakang masalah
    2. pembatasan masalah

    thanks

  43. thanks,,,da gambaran,,

  44. thanks bgt sob…ini bakal berguna bgt nie bwt gug yg lagi nyusun proposal nie…
    nie alamat blogs gue,..siapa tau suatu hari ntr u jg bakal xri2 makalah distu lumayan lengkap…http://wwwerwanieu.blogspot.com

  45. Tolong dong lebih jelas lg membahas pengambilan sampel dan pembuatan kuisioner.mksh sblmnya ya…

  46. tolongin saya dong penjelasan pembuatan kerangka konsep yang benar untuk Karya Tulis Ilmiah Kebidanan.Mksh ya klu bs bls ke email saya ya..

  47. Pak, tolong krim kan Cntoh Proposal Yang Terbaru….

    ne mail ibro
    ibro_alessandro@rocketmail.com

  48. saya mahasiswa yang akan menyusun skripsi, tolong dong kirimin langkah-langkah apa saja yang harus aya tempuh agar skripsinya nanti selesai teapat waktu

  49. wah, nice share ni
    thanks for sharing ^_^

  50. saya lagi mau bikin tugas akhir ni buat D3, lumayan juga nemu blog ini, bisa diijadikan panduan :D

  51. makasihhh ,,,, apa yg anda jelaskan berguna bagi saya dlam pembuatan kripsi saya. semua keterangan yang anda berikan mempermudah saya dalam pembuatan skripsi saya.

  52. kag,, mntg saran skliand mntak cntoh kti komunitas. ni ja bngung mo ngmbl jdul pa,,,?

  53. trima kasih banyak atas blognya menuliskan tentang bagaimana cara menulis karya ilmiah yang baik dan benar. tentunya ini sangat membantu saya dalam penulisan karya tulis.

  54. aduh bantuin aku cari judul tentang keuangan donk… yg menarikk…. plizzzz i hope… :(

  55. haiii… bantuin aku nyari judul skripsi mengenai keuangan donk… plizzzzz….!!!!

  56. wah lengkap…boleh ijin copy buat bikin Karya Tulis??? ini udah lebih dari cukup, deh…

  57. jangan lupa sumbernya yah… heheh

  58. Terima kasih banyak, informasinya sangat bermanfaat buat saya, ijin mencopy buat KTI..ya.tq

  59. makasih yaaa petunjuk pembuatan KTI’nya sangat membantu sekali

  60. I wanted to thank you one more time for the amazing website you have designed here. It’s full of useful tips for those who are truly interested in that subject, especially this very post. You’re really all actually sweet plus thoughtful of others and reading your site posts is an excellent delight with me. And exactly what a generous surprise! Jeff and I really have excitement making use of your tips in what we have to do next week. Our listing is a distance long and simply put tips are going to be put to good use.

  61. alhamdulillah mulai terbuka info ttg KTI….syukron…!

  62. bi jelasin konsep dasar and aplikasi teori g >??????

  63. Tolong donk kirimn saya contoh proposal yg sudah jadi k email saya

    yogi.dameyana@gmail.com

    Makasih sebelumnya,saya tnggu balasany,! :)

  64. Kalo ♏ªªu nentuin variabel gmn??

  65. Itˇs actually a nice and helpful piece of info. I am satisfied that you simply shared this helpful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  66. As.Wr.Wb.
    tlng donk kirim judul2 skripsi yg bisa q teliti,alya q ge mw ngurus skripsi ne ,bingung ne blum ad judul_A.
    mhon bantuan_A…..!!!!
    krim k email sy ,mksih sblum_A ,sy tggu….!!!!
    f3_nenk@yahoo.co.id

  67. How are you ?, I can thanks the exact autor of your blog. All of the is evident plus worthwhile. The theory can also be impressive many people feel. Does one don’t hesitate to tel everyone what is layout exactly what employ? many thanks repeatedly and then embark on the wonderful perform the job.

  68. Last of all, the marketplace for cash possibilities is the most different and virtually all modern in the possibilities industries. He will be critical to almost all varieties of so-called unusual alternatives or even secondly model (wall opportunities, Philippine solutions, options on methods, and so on.)..

  69. Thx…

  70. Mas .. Trimaksaih bnyak atas penjelasanya sehingga semakin membuka pengetahuan saya dalam membuat proposal penelitian keperawatan.
    saya seorang mahasiswa yg sedang menempuh jenjang pendidikan di Keperawatan [ s-1] .
    saya berniat meminta tolong pada anda untuk merekomendasikan satu atau beberapa permasalahan/judul penelitian guna saya kembangkan (di bidang keperawatan S-1) yg ada dipuskesmas .
    Arahan dan bimbingannya sangat saya harapkan .

    Tolong Email saya yenni_silvia@yahoo.com

  71. Luar biasa !panduan yg sangat luar biasa pak…!oh ya boleh saya minta model powerpoint tentang : teory keperawatan menurut betty Neuman…,tlng kalo ada saya minta….ok? terimakasih sebelum dan sesudahnya….

  72. [...] PANDUAN MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) DAN … PANDUAN MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) DAN SKRIPSI DENGAN MUDAH DAN MENYENANGKAN. Posted on 5 Januari 2009 by andaners …andaners.wordpress.com/…/panduan-membuat-proposal-penelitian-karya-tulis-ilmiah-kti-dan-skripsi-dengan-mudah-dan-menyenang… – Tembolok – Mirip [...]

  73. thx ya..
    sangat bermamfat dan membantu..
    kak, boleh minta bantu..
    sy lagi biqin proposal tentang gambaran tingkat pengetahuan dan sikap pasien dalam petatalaksanaan asma.
    sya bingung mw buat kerangka teori, kerangka knsep dan analisa data..tolong bantuannya kak

    rima.rhiyanti@yahoo.com

  74. setelah saya teliti dan membaca semuanya, kesimpulan bawa pengetahuan itu sangar penting sekali, tolong beritau saya cara membaut komentar dan menampilakn powerpoin

  75. tlg buatkn proposal KTI donk,.

  76. tulisan yg sangat menarik… Mantap..

  77. saya bingung tentang membuat proposal dan membuat judulnya tolong bantu ea kak ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    jawabanya tolong kirim,in ke fb qu please ea qu minta bantuannya ……………

  78. Bagaimana cara memperoleh buku yang praktir dan bagaimana caranya kalian langsung membimbing saya ?

  79. makasih bgt ya kak….:)

  80. kak, sya mhsswa D IV keperawatan yang sedang menyusun skripsi. tolong sya diberi panduan untuk BAB II. trimakasih…

  81. alhamdulillah.. thanks y.

    mau bikin proposal rasanya susaah banget. semoga bisa jd semangat lg dengan tulisan ini.

  82. tolong donk kirimin contoh proposal ke email ku, aku mohon karena aku butuh banget contoh proposal itu

  83. ass,,,
    makacih tas ilmunya,,
    ini berguaNa bNgt untuk kami Mahasiswa D3,,
    law boleh,,
    diperbanyak lagi tulisan2nya,,
    soal’a penjelasan’a bagus & mudah di Mengerti,,
    makasih banyak..

  84. trima kasih gan, bermanfaat bnget……….numpang nyerap ya ilmunya…….

  85. Alhamdulillah dapet pebcerahan… trimakasih mas, smoga pahala mengalir untuk org2 yang beramal jariyah. terus bermanfaat buant orang mas, smoga hidupnya cerah. hehe salam dari mahasiswa Akademi Komunikas INDOnesia di Jogja :)

  86. tulisan bagus.:)

  87. Waw…bgs bgt, mau donk ilmunnya. Kak bisa bantuin g’ tolong donk kirim karya tulis ilmiah yang judulnya “sulitnya siswa dalam menerima pelajaran Matematika” atau “pengaruh game online terhapap siswa sekolah dasar” soalnya lagi buntuh nih fikiran. (g’ konsentrasi)

  88. wah terimakasi bget mas, tas panduannya ….!!!

  89. thanks ya pak,ats semua artikelx,sangat bermamfaat u/kami….

  90. thanks bgt atas artikel panduan ini
    jadi y saya bisa tau cara pembuatan skripsi yg benar itu

  91. mas, tolong krim kmpulan kti donk….q btuh refrensi kususnya tntang vulva hygene pada saat keputihan,,
    q tunggu,thanks…

  92. mas….
    tlong don’k cri’in contoh KTI tentang kesehatan

    risma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 113 pengikut lainnya.