TUGAS M.K. FILSAFAT ILMU KEPERAWATAN

UNTUK MAHASISWA KEPERAWATAN SMT I STIKes BINA GENERASI

SOAL:

“Apa yang anda ketahui tentang Filsafat Ilmu Keperawatan, dan Bagaiman Pengaruh dan manfaatnya bagi Keperawatan?”

Ketentuan:

  1. Tulis Nama dan NIM sebelum menjawab/memberi komentar
  2. Jawaban tidak boleh sama/copy-paste dari jawaban orang sebelunya
  3. ditunggu paling lambat hari Jum’at 22 januari 2010 pukul 12.00 wib
About these ads

28 Tanggapan

  1. Nama : Wardawati
    N I M : 315 005 090 30

    filsafat adalah sekumpulan pengetahuan tentang biopsikososial kultur spiritual yang diperoleh dari dari metode keilmuan tertentu diperuntukkan bagi meningkatkan kesejahteraan, khususnya derajat kesehatan manusia yang memiliki ciri-ciri khusus yang dapat dibedakan dengan pengetahuan-pengetahuan tentang kesehatan lainnya,yang berpengaruh terhadap kesehatan,agama,dan masyarakat dan bermanfaat deengan derajat manusia pada umumnya.

  2. N A M A : SAPARUDDIN
    N I M : 315 005 090 25

    filsafat ilmu keperawatan adalah cara berfikir radikal dan menyeluruh yang mengupas tenmtang keilmuan sedalam-dalamnya,untuk diterapkan dalam i8lmu keperawatan yang berpengaruh pada pengetahuan untuk kehidupan yang lebih baik. dan bermanfaat untuk meningkatkan derajat manusia pada umunya.

  3. N A M A : SAPARUDDIN
    N I M : 315 005 090 25

    filsafat ilmu keperawatan adalah cara berfikir radikal dan menyeluruh yang mengupas tenmtang keilmuan sedalam-dalamnya,untuk diterapkan dalam i8lmu keperawatan yang berpengaruh pada pengetahuan untuk kehidupan yang lebih baik. dan bermanfaat untuk meningkatkan derajat manusia pada umunya.

  4. N A M A : M A R W A N. D
    N I M : 315 005 090 14

    Filsafat ilmu keperawatan adalah suatu ilmu yang mencari tentang suatu kebenaran dan menyelidiki hakekat segala sesuatu yang ada atau suatu kegiatan budi manusia untuk mencari hakekat segala sesuatu, baik yang konklrit ,yang abstrak, maupun yang spiritual dengan penuh rasa cinta. yang berpengaruh pada manusia karena dengan berfisafat manusia dapat berfikir secara lugas dan berfikir matang, dan bermanfaat pada pengetahuan untuk kehidupan manusia.

  5. N A M A : RAHMATIA AULIA
    N I M : 315 005 090 21

    Filsafat adalah penyelidikan penyebab-penyebab dan hukum yang mendasari realita.

    Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan pengetahuan lainnya.

  6. N A M A : ARNITA AIRE
    N I M : 315 005 090 03

    Filsafat ilmu adalah pengertian yang membahas dasar-dasar wujud keilmuan.

    Ilmu keperawatan adalah sekumpulan pengetahuan tentang biopsikososial spiritual kultur yang diperoleh dari metode keilmuan tertentu, jadi filsafat ilmu keperawatan ialah cara berfikir radikal dan menyeluruh yang mengupas tentang keilmuan sedalam-dalamnya.

  7. NAMA: SITTI FATIMAH NIM:31500509025 Filsafat adalah proses berfikir agar mendapatkan pengetahuan dan mendapatkan suatu kebenaran. Yang berpengaruh pada manusia adalah sebagai penambah wawasan pengalaman, karena oarang berfilsafat akan berfikir sebelum mengambil keputusan sehingga kepuusan yang diambilnya tidak salahah.

  8. N A M A : MIRNAWATI RAHMADI
    N I M : 315 005 090 34

    filsafat ilmu keperawatan merupakan telaah kefilsafatan yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat khususnya dalam ilmu kesehatan. Dengan demikian, filsafat ilmu kesehatan sangatlah penting peranannya bagi pengembangan ilmu pengetahuan keperawatan. Tentu juga, filsafat ilmu kesehatan sangat bermanfaat bagi manusia untuk menjalani berbagai aspek kehidupan dalam ilmu keperawatan

    Manfaat ilmu keperawatan
    Filsafat ilmu sangat penting peranannya terhadap penalaran manusia untuk membangun ilmu. Sebab, filsafat ilmu akan menyelidiki, menggali, dan menelusuri sedalam, sejauh, dan seluas mungkin semua tentang hakikat ilmu. Dalam hal ini, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa filsafat ilmu merupakan akar dari semua ilmu dan pengetahuan,dan berpengaruh terhadap ilmu-ilmu kesehatan khususnya dalam merawat seseorang yang membutuhkan pertolongan disaat seseorang menderita sebuah penyakit atau “SAKIT”.

  9. N A M A : SURYA SWADAYANA
    N I M 315 005 090 33

    ilmu keperawatan adalah mempelajari tentang respon manusia terhadap sehat dan sakit yang difokuskan pada kepedulian perawat terhadap tidak terpenuhinya kebutuhan dasar pasien atau disebut dengan care. Hal ini berbeda dengan hakikat kedokteran adalah pengobatan atau disebut cure.

    Manfaat
    Sebagai alat mencari kebenaran dari segala fenomena yang ada.
    Mempertahankan,• menunjang dan melawan atau berdiri netral terhadap pandangan filsafat lainnya.
    Memberikan pengertian tentang cara hidup, pandangan hidup• dan pandangan dunia.
    Memberikan ajaran tentang moral dan etika yang• berguna dalam kehidupan
    Menjadi sumber inspirasi dan pedoman untuk• kehidupan dalam berbagai aspek kehidupan itu sendiri, seperti ekonomi, politik, hukum dan sebagainya

    Pengaruh
    Metode pendidikan sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pendidikan yang ideal. Metode yang tepat jika mengandung nilai-nilai intrinsik dan ekstrinsik yang sejalan dengan mata pelajaran dan secara fungsional dapat dipakai untuk merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan Islam. Guru sebagai pendidik mempunyai tanggung jawab untuk memilih, menggunakan dan memberikan metode yang efektif dalam mencapai tujuan pendidikan yang tercantum dalam kurikulum. Kepemimpinan dan pengaturan aspek-aspek paedagogis harus dilakukan para pelaku pendidikan guna memperlancar proses tercapainya tujuan pendidikan yang ideal.

  10. N A M A : MIRNAWATI RAHMADI
    N I M ; 315 005 090 34

    filsafat ilmu keperawatan merupakan telaah kefilsafatan yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat khususnya dalam ilmu kesehatan. Dengan demikian, filsafat ilmu kesehatan sangatlah penting peranannya bagi pengembangan ilmu pengetahuan keperawatan. Tentu juga, filsafat ilmu kesehatan sangat bermanfaat bagi manusia untuk menjalani berbagai aspek kehidupan dalam keperawatan.

    Manfaat ilmu keperawatan
    Filsafat ilmu sangat penting peranannya terhadap penalaran manusia untuk membangun ilmu. Sebab, filsafat ilmu akan menyelidiki, menggali, dan menelusuri sedalam, sejauh, dan seluas mungkin semua tentang hakikat ilmu. Dalam hal ini, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa filsafat ilmu merupakan akar dari semua ilmu dan pengetahuan

  11. N A M A : NAYA
    N I M : 315 005 090 19

    Filsafat adalah merupakan proses berfikir untuk menemukan suatu pengetahuan yang benar secara menyeluruh yang mengupas atau meningkatkan tentang keilmuan yang sedalam-dalamnya,dan untuk diterapkan dalam ilmu keperawatan

    manfaatnya
    -menambah ilmu dan wawasan yang luas
    -menambah pengalaman dan pengetahuan
    -membawa kita pada kebenaran dan keyakinan

    pengaruhnya
    ketika kita tidak dapat mengetahui atau mempelajari tentang filsafat maka kita tidak dapat mengetahui apa-apa.

  12. N A M A : SABRIYANTO
    N I M : 315 005 090 23

    Filsafat ilmu keperawatan adalah cara berfikir atau keingintahuan seseorang secara mendalam yang berfikir secara radikal dan menyeluruh sampai ke hal yang mendasar yang mendorong untuk mengkaji ilmu yang didapatnya untuk diterapkan dalam keperawatan itu sendiri

    menjadikan pemikiran seseorang lebih mendasar tentang apa yang telah didapat dan menjadikannya suatu pemahaman yang tidak mungkin ditempat lain.

    memberikan pandangan hidup yang mendasar dan sikap budi untuk diapresiasikan ke dalam masyarakat.

  13. N A M A : HARIANTI R.
    N I M : 315 005 090 08

    Filsafat ilmu keperawatan merupakan cara berfikir yang dan sangat mendalam yang mengupas secara detil tentang ilmu keperawatan dan untuk diterapkan dalam ilmu keperawatan.

    filsafat yaitu cara berfikir seseorang tentang sesuatu hal. filsafat muncul manusia yang merasa ingin tahu tentang sesuatu hal tersebut.

    manfatnya
    a. menambah waawasan dan pengalaman
    b. membawa pada kebenaran
    c. menentukan sikap

    filsafat sangat berpengaruh terhadap keperawatan karena filsafat merupakan pola berfikir atau proses berfikir yang di mana setiap manusia yang ingin menjadi seorang perawat profesional,terlebih dahulu harus mempelajari secara mendalam tentang filsafat keperawatan, karena jika seorang perawat ingin melakukan sesuatu tindakan keperawatan harus diawali dengan proses berfikir.

  14. N A M A : ARNITA SARI
    N I M ; 315 005 090 01

    Filsafat ilmu sangat penting peranannya terhadap penalaran manusia untuk membangun ilmu. Sebab, filsafat ilmu akan menyelidiki, menggali, dan menelusuri sedalam, sejauh, dan seluas mungkin semua tentang hakikat ilmu. Dalam hal ini, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa filsafat ilmu merupakan akar dari semua ilmu dan pengetahuan.

  15. N A M A : HASANUDDIN
    N I M ; 315 005 090 09

    filsafat adalah suatu cara dalam membuka pola fikiran kita dimana pengetahuan itu berasal terus pengetahuan itu berubahjadi suatu ilmu dan ilmu itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan manusia.

    manfaatnya,yaitu ;
    * Alat untuk menelusuri kebenaran segala hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah.
    * Memberikan pengertian tentang cara hidup dan pandangan hidup.
    * Panduan tentang ajaran moral dan etika.
    * Sumber ilham dan panduan untuk menjalani berbagai aspek kehidupan.
    * Sarana untuk mempertahankan, mendukung, menyerang atau juga tidak memihak terhadap pandangan filsafat lainnya.

    filsafat sangat berpengaruh terhadap keperawatan karena filsafat merupakan pola berfikir atau proses berfikir yang di mana setiap manusia yang ingin menjadi seorang perawat profesional,terlebih dahulu harus mempelajari secara mendalam tentang filsafat keperawatan, karena jika seorang perawat ingin melakukan sesuatu tindakan keperawatan harus diawali dengan proses berfikir.

  16. N A M A : St. MASYITA
    N I M : 315 005 090 26

    Filsafat ilmu keperawatan adalah suatu ilmu pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu sampai pada hakekatnya,suatu cara berpikir radikal tentang bagaimana seorang perawat dapat meletakkan kerangka berpikir perawat untuk mengambil keputusan dan bertanggung jawab kepada masyarakat,manfaat dan pengaruh filsafat ilmu keperawatan sangat dipentingkan dimana dalam keperawatan dapat menunjang dan meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan dan bermanfaat bagi kita semua terutama pada seorang perawat dimana dia mampu membantu masyarakat dalam menyelesaikan suatu masalahnya dalam hal kesehatannya.

  17. NAMA : DARMAWATI
    NIM : 31500509006
    FILSAFAT ILMU KEPERAWATAN adalah ilmu yang mempelajari tentang penalaran atau cara berfikir seseorang yang logis tentang hal – hal yang mitos.sehingga perasaan yang bergejolak tidak karuan bisa teratasi dengan berfikir.
    manfaatnya
    sesuatu yang tidak di ketahui bisa di ketahui karena berfikir,emosi bisa teratasi,filsafat sebagai pandangan hidup,loding cepat
    pengaruhnya
    filsafat ilmu keperawatan berpengaruh terhadap pola pikir manusia
    (bisa stressssssssssssssssssssssssssssss)

  18. NAMA : DARMAWATI
    NIM : 31500509006
    FILSAFAT ILMU KEPERAWATAN adalah ilmu yang mempelajari tentang penalaran atau cara berfikir seseorang yang logis tentang hal – hal yang mitos.sehingga perasaan yang bergejolak tidak karuan bisa teratasi dengan berfikir.
    manfaatnya
    sesuatu yang tidak di ketahui bisa di ketahui karena berfikir,emosi bisa teratasi,filsafat sebagai pandangan hidup,loding cepat
    pengaruhnya
    filsafat ilmu keperawatan berpengaruh terhadap pola pikir manusia
    (bisa stress)

  19. BAGUS PAK……..????dengan adanya kuiz seperti ini mahasiswa bisa lebih memahami MTK tersebut……..semoga kedepannya bs seperti ini lagi pak……………………????thanksssssssss

  20. N A M A : I PUTU ARTAWAN
    N I M : 315B 005 090 10

    Filsafat keperawatanmerupakan pandangan dasar tentang cara berfikir untuk mendapatkan kebenaran yang sesungguhnya. seperti sebelumnya kita belum mengetahui bagaimana cara merawat pasien dengan baik,karena kita berpikir secara terus-menerus untuk mengetahui bagaimana cara merawat pasien dengan baik.

    pengaruhnya berdampak positif,karena kita dapat mengungkap fakta atau mengungkap kebenaran yang sesungguhnya yang dapat dijadikan sebuah ilmu.

    manfaatnya adalah dari hasil pola pikir dan analisa kita dapat mengembangkan ilmu yang dapat diaplikasikan menjadi kerangka dasar dalam praktek keperawatan dan kehidupan sehari-hari dan pada intinya dapat mengungkapkan kebenaran yang sesungguhnya.

  21. N A M A : MUNAWIR
    N I M : 315 005 090 17

    Filsafat adalah memberikan pengetahuan kepada seorang perawat untuk mengetahui lebih dalam tentang prinsip dan tata cara dalam melakukan perawat

    peranan dan manfaatnya yaitu ketika kita jadi seorang perawat maka tidak diragukan lagi oleh masyarakat tentang pengetahuan dan ilmu yang kita miliki karena kita berfilsafat.

  22. ass. klo bleh bri sran, tambah lagi donk`z tugasx…??? hehehe… yang susah donk…

    andaners says: malah nantangin nih, hehehe… “okelah kalo begitu”, liha aja tahun ajaran depan…

  23. NAMA: LISA AQMARINA MUCHTAR
    NIM : 31 500 509 013

    Filsafat ad cara berpikir sesorang dengan mengkaji ilmu sedalam dalamnya untuk diterapkan. Sedangkan keperawatan merupakan bentuk pelayanan kesehatan yg secara profesional dan didasarkan pada bentuk pelayanan biopsikososial dimana bertuju pada individu,keluarga dan masyarakat, baik sakit ataupun sehat.
    Sedangkan ilmu keperawatan yg telah berkembang dan ini disebabkan karena adanya teori-teori baru yg telah dihasilkan.
    Manfaatnya sebagai berikut:
    1. Seorang perawat dapat memberikan suatu pelayanan profesional berdasarkan apa yg telah dikaji
    2. hasil yg telah dikaji oleh perawat merupakan sumber kebenaran tentang pasien itu sendiri.
    Pengaruhnya:
    Manambah wawasan seorang perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan

  24. N A M A : I R S A N
    N I M : 315 005 090 12

    -Menurut pendapat saya,filsafat adalah pecinta pada kebijaksanaan maksudnya cinta terhadap hal-hal yang dapat menghasilkan kebaikan

    -manfaatnya adalah dapat membimbing dengan baik dengan rasa ketidaktahuan menjadi seorang perawat profesional

    -pengaruh nya adalah dapat berdampak baik karena dengan adanya rasa cinta maka akan menimbulkan suatu kepedulian terhadap siapapun terutama seorang perawat dan pasien.

  25. N A M A : ANWAR AZIS
    N I M : 315 005 090 02

    Filsafat adalah suatu rasa ingin tahu atau cinta yang sedalam-dalamnya pada sesuatu yang diinginkan.

    manfaatnya adalah dengan adanya rasa ingin tahu atau cinta akan bisa membuka wawasan terutama bagi seorang perawat.

    pengaruhnya adalah juga dapat membuat kita bisa lebih menambah wawasan atau pengalaman hidup yang lebih baik.

  26. N A M A : Muh. A M I N
    N I M : 315 005 090 15

    Filsafat ad cara berpikir sesorang dengan mengkaji ilmu sedalam dalamnya untuk diterapkan. Sedangkan keperawatan merupakan bentuk pelayanan kesehatan yg secara profesional dan didasarkan pada bentuk pelayanan biopsikososial dimana bertuju pada individu,keluarga dan masyarakat, baik sakit ataupun sehat.

    peranan dan manfaatnya yaitu ketika kita jadi seorang perawat maka tidak diragukan lagi oleh masyarakat tentang pengetahuan dan ilmu yang kita miliki karena kita berfilsafat.

  27. tolong dong bukuX …aku butuh Buku Pengantar Filsafat Ilmu keperawatan…

    di toko buku dong…

  28. filsafat merupakan dasar dalam kehidupan, yakni pedoman dalam mengambil keputusan dan tindakan… filsafat: norma/aturan yg wajib mengikat setiap insan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 114 pengikut lainnya.